Peran Strategis Kawasan Industri Indonesia

kawasan industriUntuk sebuah negara, industri mempunyai sebuah peran yang vital serta strategis untuk meningkatkan ekonomi negara. Keberadaan dari industri ini juga bisa menjadi sebuah motor penggerak ekonomi rakyat yang selanjutnya akan dapat mendorong untuk mencapai tujuan nasional yang berupa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Jadi, mengelola industri merupakan hal yang sangat penting untuk dapat memperoleh dampak positif serta maksimal bagi masyarakat tanah air. Hal yang harus dilakukan untuk memaksimalkan peran industri ini ialah dapat dilakukan melalui pembentukan kawasan industri. Lalu apa yang dimaksud kawasan industri tersebut? Sebelumnya, perlu diingat lagi jika industri ini berbeda dengan kawasan industri. Kawasan industri sendiri dibentuk sebagai upaya percepatan bagi pertumbuhan industri untuk dapat memenuhi kebutuhan barang-barang industri di dalam negeri dan juga untuk tujuanekspor. Dan juga di negeri ini, kawasan industri tersebut telah dianggap perlu dibangun dan bahkan telah dimasukan ke dalam undang-undang tertentu.

kawasan industri jawa baratPengertian Kawasan Industri jika menurut Kepres RI ialah sebuah kawasan pemusatan kegiatan industri pengolahan yang sudah dilengkapi dengan berbagai sarana prasarana dan fasilitas penunjang lainnya. Sedangkan perusahaan kawasan industri itu sendiri ialah perusahaan yang memiliki badan hukum yang didirikan dimana berdasarkan kepada aturan hukum Indonesia serta yang berkedudukan di wilayah Indonesia yang juga dimana mengelola kawasan industri tertentu. Selain itu, keberadaan kawasan industri serta perusahaan kawasan industri ini juga telah diatur melalui peraturan khusus.

Pembentukan dari kawasan industri ini juga tentunya mempunyai beberapa tujuan khusus, yaitu:
1. Upaya untuk mempercepat pertumbuhan industri dalam negeri
2. Untuk dapat memberikan kemudahan untuk kegiatan industri
3. Untuk mendorong kegiatan industri dalam negeri agar dapat berlokasi di kawasan industri
4. Agar bisa menyediakan berbagai fasilitas untuk lahan industri yang juga berwawasan lingkungan.
5. Untuk dapat memperoleh berbagai macam fasilitas yang bertujuan untuk mendorong kegiatan industri agar dapat beroperasi dengan maksimal, produktif serta juga efisien.
6. Selain itu, untuk fasilitas kawasan industri sendiri juga telah disediakan oleh perusahaan kawasan industri yang ada di lingkungannya.

Fasilitas-fasilitas yang wajib ada di kawasan industri antara lain :
1. Adanya lahan industri atau bangunan standar untuk kawasan industri
2. Tersedianya pergudangan
3. Terdapat terminal
4. Adanya sistem keamanan di tempat tersebut yang memadai
5. Adanya pusat pelayanan kesehatan di sekitar
6. Adanya fasilitas jalan di lingkungan
7. Terdapat tempat parkir yang cukup luas
8. Adanya jaringan telepon dan juga teleks
9. Terdapat dumpit maupun fasilitas pengolahan air limbah yang terpadu.

kawasan industri jababekaDi Indonesia sendiri perusahaan yang ada di bidang kawasan industri berbentuk seperti BUMN, BUMD, Perusahaan swasta nasional, Koperasi, Badan usaha patungan antar badan usaha yang ada, dan perusahaan dalam rangka penanaman modal asing. Keberadaan kawasan industri di suatu negara sebenarnya penting untuk peningkatan ekonomi di suatu negara. Namun, keberadaannya tersebut pun wajib diatur dan juga dikelola dengan sangat baik agar tidak menimbulkan dampak yang negatif kedepannya. Selain itu, pembangunan kawasan industri ini pun tidak diizinkan jika sampai mengganggu produktivitas sumber daya alam, pertanian, hingga warisan budaya. Yang berarti, kawasan industri ini juga tidak boleh didirikan di wilayah-wilayah tanah pertanian yang menyebabkan harus mengurangi area lahan untuk pertanian tersebut. Jadi, ketika mendirikan dan juga mengelola kawasan industri harus berhati-hati dan mematuhi peraturan yang ada.